Rabu, 07 Maret 2012


Tumbuhan Penurun Kolesterol

Kolesterol tinggi termasuk penyakit yang banyak diderita masyarakat. Untuk mengobati penyakit tersebut dengan obat modern saat ini terdapat kendala tingginya harga obat karena menggunakan bahan baku impor. Untuk mengatasi masalah tersebut, masyarakat dapat menggunakan tumbuhan obat asli Indonesia sebagai pengobatan alternatif. Berikut ini beberapa tumbuhan yang berdasarkan sejumlah literatur bisa membantu menurunkan kolesterol darah.
Asem jawa (Tamarindus indica L)
Termasuk dalam famili Caesalpiniaceae, nama lain tumbuhan ini adalah di Sumatera: bak me (Aceh), acamlagi (Gayo), asam jawa, kayu asam, asam jawa, cumalagi (Minangkabau); Jawa: tangkal asem (Sunda), acem (Madura); Kalimantan: asam jawa; Sulawesi: asang jawi (Gorontalo), camba (Makasar), cempa (Bugis); Nusatenggara: mengge (Bima), kamaru (Sumba), make (Flores), tobi (Solor), kenefo (Timor); Maluku tobelaki (Seram), asam jawaka (Buru).
Daun tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat kolesterol tinggi dengan kandungan kimia saponin, flavonoid dan tanin.
Ramuan: 150 gram sampai 200 gram daun Tamarindus indica dan 1 gelas (220 ml) air. Cara pembuatan dan pemakaian: 150 gram sampai 200 gram daun ditumbuk, diberi 1 gelas air matang panas, diperas, disaring dan diminum untuk satu kali minum, sehari diminum 3 kali.


Sumber: Tumbuhan Penurun Kolesterol | Kesehatan http://keluargacemara.com/kesehatan/tumbuhan-penurun-kolesterol.html#ixzz1oPvK1zm3
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial


http://keluargacemara.com/kesehatan/tumbuhan-penurun-kolesterol.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar